Senin, 08 Agustus 2011

Sedikit tentang Ramayana Dancer

Oke  guys baru-baru ini gw dapet info tentang para penari di Ramayana Ballet dari seorang yang bisa dibilang cukup bisa dipercaya. Wah, ternyata rata-rata dari mereka atau bahkan semuanyaaaa.. adalah turunan-temurun dari para penari-penari sebelumnya. Kerennn.. kenapa keren? entahlah.. gw sendiri sulit mengungkapkan dengan kata-kata. Gw salut dengan mereka-mereka yang enggak pernah letih untuk belajar budaya, dan intinya mereka itu cinta sama budayanya sendiri. Hal lain yang gw kagumi dari mereka adalah, ternyata tidak hanya satu tarian atau karakter di Ramayana saja mereka bisa, tapi mereka harus bisa untuk menguasai beberapa karakter dan tarian yang lain karena itu untuk suatu keadaan mendadak kalau ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Wah.. salutnya lagi nih, informan gw ini adalah penari yang sudah sangat hebat! dia sudah melatih disana cukup lama loooh... dan dia bukan hanya penari traditional, tapi tarian lain pun bisa dia kuasai, kalau kita dia sih karena perkembangan jaman lah yang ngebuat dia harus bisa tari modern juga. Salut deh pokoknya buat informan gw yang satu ini.

Waktu itu gw pernah tanya ke informan gw, pesan yang dia dapet dari karakter seorang "Rama" itu apa? (karena kebetulan dia juga berperan menjadi Rama) dan dia jawabnya singkat aja, yaitu kesetiaan lebih dari sekedar janji, tapi suatu pengorbanan. Oke, gw ngerti banget tentang hal ini karena sosok "Rama" yang gw liat adalah Rama yang berjuang untuk mendapatkan kembali Shinta yang diculik oleh Rahwana. Gw suka banget adegan ini, tapi anehnya... kenapa saat ketemu Shinta, Rama malah meragukan kesetiaan Shinta? bukan..bukan.. maksud gw kesucian Shinta hingga membuat Shinta harus membakar dirinya untuk membuktikan bahwa dia masih suci, dan terbuktilah kalau Shinta masih suci karena dia tidak terbakar, dan akhirnya merekapun bersatu kembali. 

Tunggu..tunggu, ada hal yang gw bingungin ketika gw bertanya sama informan gw. "Jadi, Rama adalah orang yang memegang prinsip kesetiaan dan Shinta yang melaksanakan kesetiannya itu? karena dia kan membakar dirinya pake api". Lalu informan gw bilang, "Shinta itu sebenarnya tidak setia, karena bagaimanapun dia tetap sudah diijamah Rahwana" Whatttt?? darisini gw kaget banget dan engga ngerti. Lalu..lalu kenapa pas dibakar api, Sinta enggak kebakar? itu kan berarti artinya Shinta setia. Dan setelah itu informan gw enggak ngasih jawaban apapun ke gw yang sangat-sangat bingung dengan kata-kata itu. Karena kebetulan gw adalah wanita, gw enggak setuju lah kalau Shinta dibilang enggak setia, kalau dari pertunjukan yang gw liat tuh, mereka berdua sama-sama setia kok. Aaaahh mas Informan, lw kok ngebingungin sih!
Give me the answer pleaseee, anyone?

2 komentar:

  1. karena banyak sekali versi ramayana. di Sri Lanka, diceritakan bahwa Sinta telah memiliki anak dengan Rahwana

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup... beberapa versi nampak lebih menyedihkan ya. hehehe

      Hapus