Kamis, 29 Desember 2011

Rama Wijaya atau Arjuna??


RAMA WIJAYA


Kalian pasti pernah mendengar beberapa orang khususnya wanita berkata " ahhh.. dia Arjuna gue!" atau " ya ampun, gantengnya kayak Arjuna, ngalahin Arjuna malah!" atau blaa...blaa... yang menggunakan kata 'Arjuna'. Biasanya kata 'Arjuna' ini sering di sebutkan untuk menggambarkan untuk orang ganteng alias tampan alias mempesona. Khususnya laki-laki pasti mau kalau ganteng-nya di bilang kayak Arjuna. Ya kan? ya.. setau saya sih gitu. haha. 

Ya, seperti yang kita tahu, Arjuna adalah tokoh wayang yang bisa di bilang terkenal karena ketampanannya. Dia termasuk dalam pandawa lima yang terdiri dari Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa, dan termasuk salah satu anak dari pasangan Raja Pandu Dewanata dan Kunti Talibrata. Kalau ditanya siapa yang paling ganteng dalam tokoh pandawa ini tentulah jawabannya Arjuna. Tapi kalau kalian yang baca ini baru tau kalau Arjuna itu tokoh wayang yang terkenal kegantengannya dalam cerita wayang, ya sudah, anggap saja memang kenyataannya Arjuna itu tokoh ganteng. Kenapa? ya... karena rata-rata di cerita wayang menggambarkan kalau Arjuna itu ganteng.

ARJUNA

Tidak, tidak... disini saya tidak akan membahas tentang Arjuna terlalu detail karena saya juga ingin membahas tentang Rama Wijaya. Tahukah kalian siapa Rama Wijaya? kalau saya sebut Ramayana atau Rama-Shinta pasti kalian langsung mengenal sosok siapa Rama Wijaya itu. Rama Wijaya adalah anak pertama dari pasangan Raja Dasarata dan Kesalya. Kalau di tanya soal ketampannya, rasanya tidak jauh dengan Arjuna. Dalam buku-buku Ramayana juga menggambarkan sosok Rama Wijaya yang terlahir tampan dan juga berasal dari keturunan yang baik seperti Arjuna. Lalu, apa yang sebenarnya membedakan mereka? mudahnya sih... mereka berada dalam cerita berbeda. Kalau Rama Wijaya berada dalam cerita Ramayana, sedangkan Arjuna berada dalam cerita Mahabharata. hahaha. Sebenarnya bukan hanya itu yang ingin saya perjelas tentang mereka berdua. Mari kita coba bandingkan kedua orang tampan ini (jangan terpengaruh sama gambar wayang orangnya ya!) dengan cerita-cerita yang sering saya dengar atau baca tentang mereka berdua, yang hanya akan saya sebutkan secara singkat.

Sebenarnya cukup banyak kesamaan dari mereka berdua ini. Pertama kita lihat dari nama mereka yang sama-sama punya banyak nama. Rama Wijaya memiliki nama lain seperti Ramadewa, Ramabadra, Ramaragawa, dll, dan Arjuna yang memiliki nama lain Permadi, Janoko, Partha, dll. Kita juga bisa liat dari asal usul mereka yang sama-sama keturunan raja. Rama Wijaya dari kerajaan Ayodya, dan Arjuna dari kerajaan Hastinapura. Kalau wajah tidak di ragukan lagi mereka berdua tentulah sama-sama tampan. Bagaimana dengan karakternya? wah, jangan di ragukan, sama-sama berbudi luhur, santun dalam bersikap, berilmu, dan tidak sombong (itu bahasa versi saya. ;p). Kehebatannya pun sama-sama pintar memanah, Rama Wijaya punya panah Guma Wijaya, dan Arjuna punya panah Gandewa . Hubungan mereka sama dewa Wisnu juga sangat dekat, Rama Wijaya merupakan titisan dari dewa Wisnu, sedangkan Arjuna bersahabat dekat dengan Sri Kresna yang juga titisan dewa Wisnu. Keren bukan? intinya mereka berdua enggak jauh-jauh dari dewa Wisnu! Mereka berdua juga sama-sama terlibat dalam perang besar, seperti Rama Wijaya dengan pasukan kera yang melawan pasukan Kerajaan Alengka, dan Arjuna yang terlibat dalam perang Bharatayuda melawan Kurawa dan pasukannya. Kalau di perhatikan lagi mereka berdua memang sangat patut di idam-idamkan, bagaimana tidak? kalau bisa di sebutkan dengan kata-kata, mereka bisa di bilang nyaris sangat sempurna. Semua yang wanita inginkan dalam sosok laki-laki ada dalam diri mereka. Udah kaya, pinter, jago, tampan pula! ;D

Nah, bagaimana dengan perbedaannya selain berbeda dalam cerita? hehhee. Di sini saya cuma mau bandingin satu hal dari mereka, yaitu ISTRINYA! Pernah dengar kalau Rama Wijaya punya istri selain Dewi Shinta? enggak kan? pastinya enggak. Ya seperti yang kita tahu, banyak banget yang tahu tentang cerita Rama-Shinta, kayaknya aneh kalau orang enggak pernah denger cerita ini atau seenggaknya nama Rama-Shinta, kan dulu  di dufan juga pernah ada satu wahana yang namanya Rama-Shinta. Nah, tau kan? ;p. Kenapa terkenal banget dengan nama Rama-Shinta? ya karena istri Rama cuma Shinta, enggak ada yang lain.hehe. Dalam cerita Ramayana kita bisa tahu betapa Rama ingin menyelamatkan istrinya Shinta yang di culik oleh Rahwana, ia pun bertekad keras untuk bisa menyelamatkan Shinta sekaligus menghapus segala angkara murka yang ada di dunia. Kesetiaan Rama terhadap istrinya juga sangat tidak bisa di ragukan, coba bayangkan... 13 tahun berpisah!!! tapi Rama masih mencintai Shinta. Sweettttt...

Bagaimana dengan Arjuna?? hehe. Pasti banyak orang tau kalau Arjuna itu punya istri banyak, ada yang namanya Sumbadra, Larasati, Srikandi (dalam cerita wayang ada dua versi tentang Srikandi adalah istri Arjuna, dan ada juga yang menyebutkan Srikandi bukan istri Arjuna), Dewi Dresnala, dll. Di sini bukan berarti saya mau bilang kalau Arjuna itu playboy, karena itu bisa di bilang salah. Sepengetahuan saya tentang Arjuna dari buku-buku dan cerita yang saya dengar, dia itu sebenarnya tidak bisa di sebut sebagai laki-laki yang suka mainin banyak perempuan. Konon di jaman dahulu seorang raja atau turunan raja di haruskan memiliki istri lebih dari satu untuk di lihat keturunanya, bukan hanya karena ingin memenuhi hasrat. Selain itu, saya sering dengar kalau kebanyakan wanita-wanita ini lah yang justru meminta duluan untuk di nikahi Arjuna agar memiliki keturunan dan sosok manusia seperti Arjuna. Jadi, dalam hal ini tidak sepenuhnya salah Arjuna, karena bagaimanapun juga ada banyak alasan di balik sosok Arjuna yang punya banyak istru yang belum bisa di perjelaskan. :)

So, bagaimana? sudah cukup kenal kan sama mereka berdua? :D
Kalau menurut saya sih, agak bosan juga menyebut orang yang kita idola-idola kan itu dengan Arjuna, bukan berarti saya enggak suka Arjuna. Tentulah saya suka sekali sama tokoh Arjuna, tapi entah kenapa saya masih sangat terlena dengan tokoh Rama Wijaya.hehehe. Jadi, ketika suatu saat nanti saya suka sama orang, saya enggak akan menyebutnya sebagai " Arjuna-ku", rasanya lebih tepat kalau di sebut "Rama Wijaya-ku". Takut ah kalau nyebut Arjuna, ntar malah di duain, eh bisa di tigain malah.hahha. *piss

Salam budaya!

5 komentar:

  1. siiipzz setuju, aq yg ngeliat sendratari ramayana d prambanan langsung terkesima dg tokoh Rama Wijaya..

    BalasHapus
  2. Belum tahu akhir ceritanya ya?? Sang rama membakar shinta untuk menguji kesuciannya.anak2 shinta berperang dengan ayahnya sendiri karena melihat hukuman rama kepada shinta.dan shinta bunuh diri karena melihat pertumpahan darah anak2nya dengan sri rama,ayahnya sendiri.
    Masih mau menjadikan kekasihmu sebagai rama??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya. Untuk komentar yang anda berikan tentang kilasan ramayana itu memang ada versi yang seperti itu. Namun, cerita Ramayana memiliki banyak versi dan tidak berpaku hanya pada satu cerita. Disini, saya mengambil dari versi yang kebetulan saya lebih sukai dan yang pernah saya lihat dalam pertunjukan langsung. Untuk yang anda sebutkan saya pernah baca, tapi tidak mengambil versi yang itu. Mari ambil positivenya saja, namun anda memang bebas berpendapat. Dari versi yang saya baca dan sukai, dan dari sudut pandang lain yang ambil, saya mengambil sudut pandang positive. Terima kasih.

      Hapus
  3. Aku dulu juga pernah memanggil calon suamiku dengan sebutan rama wijayaku, tapi sayangnya setelah kami menikah diusia pernikahan kami yang belum ada satu tahunan dia sudah pergi meninggalkan aku, tapi dia pergi karena memang salah aku sendiri bukan karena salah dia, tapi kini aku jadi takut jika suatu saat nanti ketemu jodoh lagi dan memanggil dia dengan sebutan rama wijayaku orang menyebutnya rama wijayaku saja takut apalagi menyebutnya kaulah arjunaku.

    BalasHapus