Kamis, 10 November 2011

Film-Film Klasik Wajib Nonton!


Berikut ini adalah film-film yang sangat-sangat saya rekomendasikan buat kalian semua tonton! Film-film di bawah ini adalah film yang di buat di jaman yang sudah modern namun dibuat dengan latar belakang tahun yang sudah sangat lama/lampau sekali, tapi.... justru itulah khas-nya! Terlihat klasik, hangat, dan sangat-sangat bagus untuk di tonton. Banyak hal yang bisa kita lihat dan pelajari dalam film ini, terkadang kita pun juga bisa ikut terlarut dalam ceritanya. Okee.. silahkan di lihat! ;D


1. Becoming Jane

Film ini menceritakan tentang kehidupan Jane Austen, seorang penulis terkenal di abad 18-19. Ini menceritakan tentang kisah cinta Jane Austen dengan Thomas Lefroy yang sangat-sangat mengharukan bagi saya ;'). Film ini lah yang membuat saya menjadi sangat menyukai Jane Austen dan karya-karyanya. Entahlah... Jane... aku padamu sekaliiiiii... enggak pernah bosan-bosannya nonton film ini dan selalu bikin saya nangis saking terharusnya, Hikz ;')





2. Emma











Dua film dengan judul yang sama ini adalah adaptasi dari novel Jane Austen dengan judul yang sama. Very nice and recommended movie yang harus di tonton!! Dalam film ini, tentulah saya suka sekali dengan karakter Emma, seorang perempuan dari kelas atas yang sangat ceria dan cukup percaya diri dalam hidupnya. Cerita Emma di film ini sangat  mempesona buat saya, terutama adegan dimana seorang Emma yang akhirnya menyadari siapa yang ia cintai, dan bagaimana ia menyadari kesalahannya selama ini. Sosok Mr Knightley dalam kedua film ini juga sangat...sangat.... sangat keren! Siapa sih wanita yang tidak mau dengan Mr Knightley?? ah andai ada sosok seseorang seperti Mr Knightley di dunia ini, saya rela di nikahinya. *blushing. hahaha.


3. Pride and Prejudice








Lagi-lagi film Jane Austen... hahaha. Film ini sebenarnya film Jane Austen pertama yang saya tonton. Cerita di film ini bisa di bilang sangat mengesankan, dengan bagaimana seorang Elizabeth, wanita dari kalangan menengah dengan 4 saudara perempuannya yang hidup di sebuah pedesaan yang sangat asri. Yang menarik dari film ini tentulah kisah cinta Elianor dan Jane kakak perempuannya yang bisa di bilang sangat beruntung. Bagaimana tidak, mereka berdua mendapatkan  cinta tulus Mr Darcy (Elizabeth) si tampan nan kaya raya, dan Mr Bingley (Jane) yang juga kaya. Ini bukan kisah gadis matre loh, tapi  bagaimana seorang gadis biasa pun bisa mendapatkan kebahagiaan cinta mereka yang kebetulan di sukai oleh pria kaya raya. Cerita di sini tentulah beda dengan sinetron-sinetron yang biasa anda lihat, karena karakter dalam tokoh ini lah yang begitu mengesankan dan akan membuat semua yang menontonnya akan tersenyum-senyum melihatnya. Film ini saya kategorikan film yang sangat indah... ya.. bisa di bilang kayak cerita-cerita Princess Walt Disney, tapi dengan penceritaan yang lebih dewasa, dan lebih complicated tentunya.











4. Mansfield Park

Film ini juga adaptasi dari novel Jane Austen dengan judul sama. Mengisahkan seorang gadis miskin bernama Fanny yang di titipkan kepada pamannya yang kaya raya. Dan lagi-lagi ini kisah cintaaaaa yang indah banget, dimana akhirnya Fanny jatuh cinta pada Edmund anak pamannya, dan begitu pun Edmund yang juga akhirnya menyadari kalau ia sangat mencintai Fanny. Tapi sebelumnya, tentulah ada kisah-kisah di mana mereka belum menyadari cita mereka ;)








5. Northanger Abbey

Masih film Jane Austen lagi!Singkat aja deh ya.. ini film tentang gadis muda bernama Ms. Morland dari kalangan kelas menengah yang mempunyai tingkat khayalan yang bisa di bilang cukup tinggi. Kedatangannya ke kota membuat dia mengenal dua laki-laki yang bisa di bilang cukup membuatnya dilema dan tentulah dengan mereka berdua juga ia memiliki banyak petualangan yang berbeda juga.  Hingga akhirnya dia bisa menemukan laki-laki mana yang pantas ia cintai yaitu Mr Henry Tilney......!!!










6. The Young Victoria

Film klasik nan indah ini adalah kisah ratu Victoria (ratu Inggris di abad 19) yang bisa di bilang sangat populer tentang kejayaannya. Di film ini, saya suka sekali bagaimana seorang Victoria yang memutuskan untuk menjadi ratu di umurnya yang masih sangat muda (19), yang banyak sekali polemik-polemik yang harus ia hadapi. Tapiii.... tentulah bagian terindahnya adalah bagaimana akhirnya ia menemukan Albert, sosok laki-laki muda nan tampan yang mengisi hari-harinya sebagai ratu. Saking sukanya sama film ini, saya sampai lupa sudah berapa kali menontonnnya. Ah.. film ini begitu indah, mengesankan, dan membuat saya menjadi sangat..sangat terlarut.. hehe







7. Sense and Sensibility

Ups, saya nyaris lupa merekomendasikan film ini. Bagaimana mungkin saya bisa melupakan film ini, sedangkan saya juga sangat menyukainya. hahaha. Di film ini, tokoh Elianor lah yang paling-paling saya suka. Saya suka bagaimana Elianor menahan dan menyimpan cintanya kepada Edward. Selain itu, sosok Elianor bisa di bilang sangat pantas sekali di tiru di lihat bagaimana dengan sikap dewasanya ia sama sekali tidak mengeluh harus hidup sederhana setelah di usir secara halus oleh kakak tirinya. Pokoknya.. Elianor itu... tegar banget! ;)





 8. Bright Star

Tahukah kalian dengan John Keats? penulis puisi di abad 18? tahukah??
Inilah film yang akhirnya membuat saya mengenal dan menyukai John Keats. Yang membuat saya mengenal 'bright star' dan 'ode to nightingale' dua puisi karya Keats dan juga dengan karya-karya yang lainnya. Film ini  mengisahkan cinta Keats dan Fanny Brawne yang tinggal bersebelahan dari rumahnya, dan surat-surat cinta yang mereka buat. Lagi-lagi cerita ini adalah cerita yang membuat saya sangat terharu dan terhanyut oleh 'ode to nightingale' yang dibacakan di akhir film ini. ;')





9. Atonement

Ini adalah film yang jangan sampai anda lewatkan, sangat-sangat tidak boleh di lewatkan. Film ini adalah adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Ian Mc Ewan. Latar setting dari film ini adalah di abad 20 lebih tepatnya saat sedang berlangsungnya World War 2.  Sudut pandang seorang gadis muda di film ini adalah yang paling sangat menarik untuk di lihat. Kisah cinta yang di suguhkan jugalah sangat indah dan mengharukan antara Cecilia dan Robby. Menonton film ini membuat saya tidak bisa menebak dengan mudah bagaimana endingnya. Awalanya sih tampak mudah, tapi saat akhirnya saya tahu endingnya, saya langsung menangis tersedu-sedu karena melihatnya. Memang sih hampir sama dengan apa yang saya bayangkan, tapi ternyata ada hal lain yang membuatnya berbeda. Aaahhh... film ini juga membuat saya menjadi lebih berhasrat  untuk menjadi penulis! Alangkah indahnya bukan menjadi Tuhan dalam cerita yang kita tulis? hehehe.





*gambar-gambar saya dapatkan dari google.

6 komentar:

  1. Nice blog.. Makasih bgt nemu nih blog,
    Kebetulan aku juga suka baca novel klasik, dan lagi cari film-film yg d.angkat dr novel klasik abad 1800an gtu..

    BalasHapus
  2. Maaf sepertinya ada salah dalah ulasan pride & prejudice
    Jane tidak menikah dengan wickham tapi dgn mr bingley,wickham menikah dengan lydia atas biaya mr darcy dan sesungguhnya wickham sifatnya jugakurang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, terima kasih sudah diingatkan... iya memang dengan mr Bingley, saya sepertinya tidak ngeh jadinya salah nulis. Akan di rubah:)

      Hapus
    2. Makasi rekomendasinya. Membuat hati tenang, karena liburan siap list tontonan :D

      Hapus
  3. Min ada yg mau aku tanya
    Tentang judul film
    Jadi gini aku gk tau judulnya makanya aku tanya
    Film ini ceritanya ada putri yg tidak ingin menikah sampai akhirnya dia tua dan meninggal di menara
    Jadi dia meminta tumbal seorang anak gafis agar dia hidup kembali.walaupun dia telah meninggal jasadnya masih hidup kira2 apa ya min judulnya penasaran banget sama ini film
    Mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga suka film film yang bernuansa klsik

      Hapus