Sabtu, 20 Agustus 2011

NO TITTLE

Ketika akhirnya aku bertanya-tanya pada diriku sendiri tentang apa yang terjadi dan apa yang kulihat.
ADILKAH INI UNTUKKU?
Tidak, seharusnya aku tidak membuat pernyataan seperti ini.
Aku hanya dirundung duka yang mendalam.
Seperti seolah-olah aku yang paling merasa sakit.
Yang paling merasa tidak teradili.
Seharusnya aku tidak mengatakan hal seperti ini.
Dan tidak boleh lagi.

Aku memang sering merasa sakit,
merasa lemah,
merasa tak pantas,
merasa dalam posisi yang sulit,
merasa seperti pengkhianat,
merasa seperti seorang yang munafik,
dan merasa paling bodoh.
Tapi itu bukan hanya terjadi pada diriku kan?
Kalian semua pasti pernah punya perasaan seperti ini kan?

Ini bukan masalah adil atau tidak adil.
Ini adalah bagaimana aku atau kau yang melihatnya.

Kau bisa menangis sesukamu, begitupun aku.
Kau bisa berteriak, marah, dan memaki, akupun juga bisa.
Lalu mengapa harus ada perasaan tidak adil?
Ini salah.
Karena tidak ada yang tidak adil.
Semuanya adil.
Dan aku atau kau harus bisa terima.

Kau bilang pada dirimu kau lemah,
kau bilang pada dirimu kau kuat,
dan kau bilang pada dirimu kau hidup atau mati?

Lihat! memang tak semuanya merasakan apa yang kau rasa,
dan apa yang benar-benar aku rasa?
Kau hanya menganiaya dirimu sendiri dalam resah.
Dalam arah yang sudah benar-benar buntu.
Kau memang tak bisa berbalik, karena itu menyakitkan dan tak mungkin.
Tapi kau, bisa melewati jalan yang buntu itu bukan?
Kalau itu jurang, maka terjun dan pasrah lah.
Kalau itu tembok, maka hancurkan dengan kekuatanmu.
Kalau itu laut, maka berenanglah.
Dan kalau itu sebuah rumah atau pondok, maka masuklah,
dan cobalah membiasakan hidup didalamnya.
Kau tidak akan tau apa yang akan kau hadapi nantinya.
Maka tunggulah.. dan tunggu.
Hingga akhirnya kau menemukan jawabannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar