Jumat, 04 November 2011

World of Wayang Festival!

Adakah yang datang kesini??
yup, saya adalah salah satu orang yang dateng ke acara festival ini.

World of Wayang Festival ini di adakan tanggal 19-22 Otober 2011 kemarin di gedung Kautamaan Pewayangan TMII. Acaranya ya ga jauh-jauh dari judulnya, pastinya full of WAYANG! Karena ketertarikan saya yang lagi tinggi-tingginya sama wayang kulit, datanglah saya kesini bersama kedua teman saya yang sudah berbaik hati mau nemenin. hehe. Oke, saya cuma mau share sedikit tentang kedatangan saya ke tempat ini pada hari terakhir festival, yaitu tanggal 22 Oktober 2011.

Festival yang penuh dengan hal akan wayang ini menyajikan banyak pementasan, dan tentulah semuanya berhubungan dengan wayang, seperti lomba dalang remaja, pentas wayang orang, pentas wayang kulit, pentas wayang songket, pokoknya pentas-pentas tentang wayang deh! Dengan menggebu-gebu yang begitu tinggi lah yang akhirnya membuat saya harus datang ke tempat ini. Memenuhi hasrat saya tentang wayang adalah hal yang sulit dilewatkan.

Hal yang paling suka di festifal ini adalah pagelaran wayang orang (ini paling saya faforitkan!) yang di pentaskan oleh sanggar dari Wayang Orang Bharata di Senen. Sebenarnya, pementasan wayang orang satu ini tuh keren banget, hanya saja terlalu sebentar dan kurang memuaskan saya (cuma 45 menit) tapi yaa mau gimana juga, lagian juga nontonnya gratis. hehe. Walaupun singkat, ini cukup  membuat temen saya yang tadinya enggak pernah nonton wayang orang jadi terpukau loh! Walaupun enggak ngerti-ngerti amat sama ceritanya, tapi setidaknya anda akan merasakan suatu hal tentang "TERPUKAU".

Pementasan wayang orang dengan judul "CIPTONING"
Pementasan wayang songket


Ditempat ini juga banyak banget lukisan-lukisan wayang yang super duper keren dengan harga mentereng. Kalau yang saya liat ya, dari beberapa lukisan ini saya menemukan hal mistis, ah entahlah mungkin cuma karena saya terlalu terobsesi saja kali ya. Tapi intinya adalah saya suka sekali lukisan-lukisan wayang dengan harga sangat mentereng ini. Engak bisa dibayangkan deh, harus berapa tahun saya ngumpulin duit buat dapet lukisan mentereng seperti itu?






Selain wayang orang, dan lukisan, banyak juga terpajang kaos-kaos berdesain gambar wayang. Dan paling penting adalah pajangan wayang itu sendiri! Banyak banget.. keren banget.. dan saya mau banget punya! Tidak lupa juga disini banyak dijual wayang, baju wayang, buku tentang wayang, gantungan kunci wayang, pokoknya apapun tentang wayang ada, walaupun engak komplit-komplit amat sih. hehehe








Kayaknya segini aja yang bisa saya share, ya.. keliatan sekali sih kalau yang saya bicarakan disini keliatan banyak kekurangan atau saya kurang seru menceritakannya. Mohon di maklumi saja ya ;)


*Sangat disayangkan sekali ya anak-anak muda yang berkunjung kesini sangat sedikit. Entahlah, mungkin karena kurangnya promosi atau kurangnya rasa nasionalisme terhadap budaya sendiri? Saya harap sih acara dan pertunjukan seperti ini bisa sering dilaksanakan, karena bagaimanapun juga kita harus cinta sama budaya sendiri kan??
Gak usah jadi orang yang sok-sok cinta budaya deh, yang berlaga cinta budaya dan menjadi kesal karena budayanya di akuin sama negara lain, tapi nyatanya kemaren-kemaren dia sama sekali lupa sama budayanya, ikut melestarikan juga enggak. (Sorry jadi melenceng bahasnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar