Sabtu, 19 November 2011

Nonton Wayang Orang Menggebu-gebu!

Haloha! kali ini saya mau share waktu saya nonton wayang orang dengan judul "Wahyu Cakraningrat" di Gedung Kesenian Jakarta pada tanggal 18 November 2011 kemarin. Adakah yang kesini? hehehe.

Awalnya saya cuma tau berita tentang pementasan ini dari facebook Sekar Budaya Nusantara yang update kalau akan ada pementasan wayang orang di GKJ, pas ngebacanya saya langsung excited! Gimana enggak excited, ini nih yang saya nanti-nanti, pementasan wayang orang yang di adain sama Sekar Budaya Nusantara! Tau gak sihhh, Sekar Budaya Nusantara itu dulu sering banget ada di TVRI, dan dulu saya sering banget nonton sama keluarga saya (hanya saja dulu belum sesuka sekarang). Dan sekarang, setelah saya mulai tertarik dengan dunia wayang, dan sering liat pementasan wayang orang di youtube juga melihat wayang orang SBN, saya langsung mau teriak-teriak enggak jelas karena akhirnya SBN ngadain pementasan di GKJ! langsunglah saya catat nomor yang bisa dihubungin, dan menghubungi nomor tersebut satu minggu setelah saya tahu informasi ini.

Harga yang di tawarkan oleh SBN dimulai dari 150-750rb.. saya sempat tercengang melihat daftar harganya dan agak sedih juga sih. Kebetulan baru-baru ini saya lagi ekstra menabung buat liburan saya nanti, tapi pengen juga beli tiket SBN yang harganya di atas 150rb( karena posisi duduknya pasti lebih bagus. hhe) tapi apa boleh buat, liburan membuat saya harus nahan keinginan saya beli tiket itu. hehehe. Akhirnya saya bertanya lagi sama cp nya SBN tentang adakah ketersediaan tiket untuk mahasiswa/pelajar, dan ternyata ada!! dan itu cuma 75rb. Murahnyaaaaa.. langsung lah saya pesan yang itu! walaupun agak sedih juga sih pas mereka bilang posisi duduknya di balkon. Dan ngenesnya lagi, setelah saya sudah berada di perjalanan menuju GKJ, tiba-tiba ayah saya menelpon kalau dia punya tiket VIP gratis dari temennya! GRATIS!! dan itu VIP!! saya nyaris nangis abis terima tepon dari ayah saya, tapi apa daya karena udah gak mungkin balik lagi ke rumah. VIP oh VIP... kau  tersia-sia begitu saja..menyedihkan...

Tapi ALLAH baik banget sama saya! Setelah akhirnya saya dan teman saya sampai di GKJ, mba-mba panitianya dengan senyum yang ramah bilang "mba duduknya di depan, gak jadi di balkon ya. Oh iya, silakan ke kiri dulu mba.. nikmatin hidangannya." Ya ALLAH.... mimpi apa ya... selain enggak jadi duduk di balkon, dapat makan prasmanan pula. ehehehe. 


Tapi salahnya,ternyata saya dan teman saya salah kostum! rata-rata yang dateng di situ adalah orang-orang berpakaian rapi! berbatik, bahkan ada ibu-ibu berkonde pula, sedankan kita cuma pake baju casual anak kampus dengan wajah kucel karena kecapekan (omg). Agak minder sih, tapi bodo amat deh, yang penting makan, yang penting ngeteh/ngopi, yang penting gak duduk di balkon. Ya.. ada hikmah di balik kesedihan.hehe.

Ya.. walaupun posisi duduknya juga enggak bagus-bagus amat (baris keempat dari depan) tapi saya senang, karena dengan begini saya bisa ngeliat pemainnya lebih jelas, walaupun juga kalau di liat posisinya untuk ngambil foto kurang bagus sih, tapi enggak apa-apa lah ya. Yang penting bukan di balkon! kan saya pengen liat pemain-pemainnya dengan jelas, secara tadinya cuma bisa ngeliat di tv dan di youtube.

Dan pementasan di mulai......... singkatnya Wahyu Cakraningrat adalah wahyu yang akan di turunkan oleh Cakraningrat kepada seseorang yang bertekad kuat, gigih, dan punya niat yang baik saat bertapa. Mereka haruslah orang-orang terpilih dan lulus dari ujian yang di berikan oleh Cakraningrat sendiri besera istrinya, karena nantinya, orang yang mendapatkan wahyu tersebut akan dapat menguasai dunia, dan kalau saya tidak salah dengar, keturunannya pun pasti akan menjadi raja. Akhirnya.... Abimanyu (anak Arjuna) yang mendapatkan wahyu tersebut setelah melakukan tapa brata.  Raden Lesmana (anaknya Duryudana) dan Raden Samba (Anaknya Sri Kresna) yang saat itu bisa di bilang sebagai saingan Abimanyu tidak dapat menahan godaan yang diberikan oleh Cakraningrat, padahal kalau dilihat dari posisi, mereka berdua adalah anak raja.

Cakraningrat dan Batari Maninten

Raden Lesmana dan Bala Kurawa beserta Sengkuni
Raden Samba sedang di uji oleh Batari Maninten
Abimanyu dan Gatot Kaca
Bagong, Petruk, dan Gareng
Abimanyu sedang tapa brata
Sebelumnya maaf kalau gambarnya kurang bagus, maklum lah yah masih amatir. hehe. Tapi yang paling penting dari semua ini adalah pementasannya BAGUS BANGET! saking terkagum-kagumnya,saya sampe kepikiran walaupun udah sampe rumah.hehehe. Akhirnya, kesampean juga melihat orang-orang yang saya kagumi di wayang orang, walaupun udah ada beberapa yang saya liat langsung, tapi dengan acara ini bertambah lagi yang bisa saya liat langsung. Alhamdulillah. Semoga nantinya saya bisa lebih sering lagi liat pementasan wayang orang. amiiiinnnnnnnnn.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar