Kamis, 18 April 2013

Mari Mampir ke Jogja dan Solo!! ( Nonton Wayang )

Jogja dan Solo adalah dua kota yang masih sangat kental akan kebudayaannya. Di kedua kota ini kita masih bisa sangat jelas melihat betapa kota-kota ini begitu khas dan pastinya terlihat lebih 'klasik' dan 'tradisional' di bandingkan dengan kota yang lain. Siapa yang sih yang enggak tau Jogja dan Solo? nyaris semua masyarakat Indonesia tau kedua kota ini. Jika kamu pecinta budaya, khususnya budaya jawa, maka kedua kota ini bisa di bilang adalah tempat yang sangat tepat untuk di kunjungi.


Jika berkunjung ke kota ini tentu saja rasanya akan sangat kurang berkesan kalau kita sendiri enggak datang untuk menyaksikan pertunjukan atau pementasan yang masih ada kaitannya sama hal yang berbau budaya. Kenapa? ya seperti yang saya bilang tadi, rasanya kurang saja kalau kita berkunjung ke tempat yang masih kental budayanya tapi kita sendiri enggak tertarik atau tidak mau mencoba melihat salah satu pertunjukan yang di sajikan kota ini untuk mempertahankan salah satu budaya Indonesia. 

Disini saya akan mengambil salah satu yang paling bisa di bilang cukup terkenal, dan umum. Mungkin kalau acara adat atau yang masih berkaitan dengan tradisi butuh informasi yang cukup untuk bisa menyaksikannya langsung, jadi saya lebih menyarankan anda menyaksikan sendratari atau wayang orang di kota ini karena informasinya bisa di update  melalui internet dan itu sangat memudahkan bukan?. Kenapa juga wayang orang? karena dari pertunjukan ini lah kalian akan melihat betapa indahnya tarian-tarian, alunan musik, dan alur cerita yang biasanya di ambil dari cerita Mahabarata atau Ramayana akan begitu berkesan dan mengena di hati para penonton.

Berkunjung ke kota Jogja, mungkin anda bisa mengunjungi Ramayana Ballet di prambanan dan Ramayana Ballet di Pura Wisata. Kedua tempat tersebut bisa di bilang sangat terkenal akan sendratarinya yang menceritakan tentang cerita Ramayana. Mungkin awalnya banyak yang berpikiran kalau mereka akan sulit mengerti tentang isi ceritanya, tapi hal tersebut tidak perlu di khawatirkan lagi karena kedua tempat ini selalu menyediakan sinopsis berbahasa Indonesia dan bahkan ada bahasa lainnya pula! Dari sinopsis itulah kita akan mengerti isi cerita dari tarian yang di persembahkan, atau setidaknya mengetahui inti cerita dari tarian-tarian tersebut. Tempat dan suasana yang disajikan oleh kedua tempat ini juga sangat bagus dan mendukung sama cerita yang akan di pentaskan.

Ramayana Ballet Prambanan ( Jogja )
Ramanayana Ballet Pura Wisata ( Jogja )


Mari ke Solo! ya, di Solo juga ada tempat pertunjukan wayang orang yang terkenal. Namanya Wayang Orang Sriwedari. Mungkin penulis memang belum pernah mengunjungi tempat ini, tapi berdasarkan orang-orang yang menyukai wayang khusunya wayang orang, sering merekomendasikan saya untuk berkunjung ke tempat ini. Menurut informasi yang di dapatkan, wayang orang disini sangat rutin melakukan pertunjukan  bisa beberapa kali dalam seminggu. Jadi, buat yang berkunjung ke Solo di akhir pekan maupun bukan di akhir pekan bisa sempat mampir kesini:)

Hanya saja disini yang akan share pertunjukan wayang orang yang kebetulan diadakan di Taman Budaya Solo. Pertunjukan ini bukan pertunjukan rutin, hanya waktu-waktu tertentu dan tergantung yayasan yang akan mengadakannnya. Waktu itu pertunjukannya berjudul " Sang Karna Basusena". Gratis! Para lakonnya juga sangat bagus karena di perankan oleh para pemain wayang orang yang sudah sangat berpengalaman dan terkenal dalam dunia seni pewayangan. Para penonton juga disajikan buku sinopsis yang memberikan panduan kepada penonton untuk bisa mengetahui inti dari cerita yang akan disajikan. Wah, pokoknya pertunjukan yang sangat menawan dan berkesan!

" Sang Karna Basusena " ( Solo )


Orang Indonesia? sedang mampir ke Jogja atau Solo? Mari menonton wayang...:)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar