Selasa, 22 Januari 2013

Kesempatan 'Inspirasi'-mu

Kau tau rasanya benar-benar kehilangan inspirasi. Itu sama persis ketika kau kehilangan harapan. Masa depan memang tidak pernah mudah untuk diketahui, tapi inspirasi yang terhenti benar-benar mampu membuat hal-hal yang kau harapkan jadi seperti seolah-olah mencoba pergi. Dan kali ini yang bisa dilakukan hanya terus mencari dan mencari, atau membuat yang baru. Tidak pernah ada yang mudah, selalu ada proses. Ini bukan masalah bagaimana menuangkan inspirasi itu, ini tentang bagaimana membuatnya tetap ada walau tak punya waktu untuk membuatnya menjadi suatu hal yang tetap selalu 'ada'.

Mungkin setiap orang selalu punya kesempatan, tapi hampir kebanyakan dari mereka tak pernah mau menerjang kegelapan untuk mengambil kesempatan itu. Selalu ada kata 'nyaris' ketika semuanya terasa hilang. Tapi selalu ada jalan untuk menemukan kesempatan itu walaupun kelihatannya tak ada lagi waktu atau   tempat yang sesuai. Semuanya tergantung bagaimana kesempatan itu bertahan dengan pencarian yang mungkin terkadang butuh waktu yang sangat lama. Harus ada penyesuaian dalam proses mendapatkan itu, dan meresapi hal itu sebagai kesempatan atau bukan juga hanya mereka yang punya. Hati mereka yang punya. Karena mereka yang berkarya. Yang selalu menunggu kesempatan untuk mendapatkan inspirasi.

Berdamai dengan kesempatan itu sendiri adalah hal yang paling penting. Percayalah, ketika kesempatan tentang 'inspirasi' itu datang kau harus buru-buru cari cara untuk mempertahankannya. Ini hal yang paling sulit. Karena inspirasi selalu datang secara mengejutkan dan mereka selalu minta buru-buru untuk di ungkapkan. Atau bahkan terkadang kita merasa inspirasi itu terlalu lambat datangnya, dan begitu lama membuat kita menanti. Jelas yang salah adalah jiwa yang menanti itu, karena dia tak pernah benar-benar menggunakan kesempatan. Harus berapa kali kehilangan kesempatan? karena kesempatan tidak selalu terlihat secara nyata. Kau tidak harus selalu menggali ke dalam untuk menemukannya, mungkin kau juga bisa terbang ke atas untuk sekedar membuat harapan dapat menemukannya ditempat lain. Setidaknya kau mau mencari. Kesempatan untuk menemukan 'inspirasi' bukan hal yang mudah, tapi cuma kau yang tau.


1 komentar:

  1. Inspirasi ku adalah matahari dan aku tidak pernah melihat nya lagi,dia berkata untuk slalu cinta padaku, tp ku tk bsa memeluknya dan menggenggam tangannya. Entah kenapa aku tidak bisa menggantikan kedudukannya di dalam sini. dan mulai saat itulah inspirasiku hilang. dan aku tak tau kemana aku harus menemukan kembali.

    BalasHapus