Minggu, 11 November 2012

Wayang Orang Bharata - Tetap Eksis di Gemerlap kota Jakarta

Mungkin tak disangkal lagi bahwa hal-hal yang berbau budaya semakin menjauh dari jati diri masyarakat Indonesia, yang padahal hanya mereka sajalah yang mampu mempertahankan budaya itu sendiri. Budaya adalah milik mereka, tapi mengapa untuk menjaganya saja seperti enggan?






Mungkin sudah banyak yang tau tentang Gedung wayang orang Bharata Senen yang sekarang ini masih eksis mementaskan pertunjukan wayang orang hampir disetiap sabtu malam. Pementasannya bisa dibilang yang paling rutin dan yang paling bisa mengobati rasa rindu orang-orang pecinta wayang orang. Disini selalu disajikan pertunjukan-pertunjukan yang menawan dengan mengambil cerita-cerita dari kisah wayang tentunya (mahabharata/ramayana). Dari gedung wayang orang Bharata inilah kita seharusnya bangga bahwa masih ada yang mempertahankan budaya sebegitu kuatnya di tengah kota Jakarta yang bisa dibilang sudah sangat modern.




Wayang orang Bharata masih bisa dibilang klasik dilihat dari penggunaan bahasanya yang masih murni menggunakan bahasa jawa. Ini salah satu yang bisa dibilang sangat membanggakan dan paling mempesona. Bahasa tradisional inilah yang justru menambah 'rasa' dari wayang orang itu sendiri. Kita juga jadi mengenalnya sedikit lebih dalam, walaupun terkadang masih belum mampu mengerti arti seluruhnya dari penggunaan bahasa jawa ini, tapi justru ini yang paling menarik dan menantang. Tentulah tidak usah khawatir bagi orang-orang awam yang kurang mengerti bahasa jawa untuk mengetahui isi ceritanya, karena ada sinopsis digital berjalan tepat diatas panggung yang bisa membantu penonton mengerti inti ceritanya. Mudah bukan? dari sini bisa dipertegas bahwa tidak ada alasan untuk tidak mengenal salah satu budaya jawa ini kalau kita mau coba mengenalnya.





Bisa dilihat kan bahwa wayang orang bharata senen sangatlah kokoh berdiri tegak bertahan dalam gemerlap kerlap kerlip kota Jakarta. Ini yang patut di acungkan jempol, bagaimana tidak? ketika sudah banyak tempat hiburan yang buka dimalam hari dan sering ramai di malam minggu, gedung wayang orang bharata masih tetap bertahan dan salutnya lagi masih banyak penggemar setia wayang yang selalu hadir. Ini yang paling keren buat penggemar setia wayang orang bharata, mereka masih bisa menjaga apa yang seharusnya mereka  benar-benar jaga dan gak hanya di ucapannya aja. Salut deh! Kalo wayang orang bharata bisa mempertahankan budaya sebegitu kokohnya, gimana dengan kita sendiri? :)




*gambar didapat sewaktu pertunjukan wayang orang bharata berjudul "Gatot kaca Ngedan" (2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar