Rabu, 04 Juli 2012

Wayang Orang Modern Garapan Swargaloka



Siapa bilang nonton wayang itu membosankan dan sulit dimengerti? sekarang ini bukan lagi menjadi alasan. Wayang garapan Swargaloka bisa menjadi alternatif pilihan buat orang-orang yang baru mengenal salah satu budaya Jawa, yaitu wayang. Wayang orang yang ditampilkan bisa dikatakan cukup modern karena menggunakan bahasa Indonesia dan baju-baju penokohan wayang yang mereka gunakan juga bisa dibilang beda dari yang lain, tapi sangat menarik. Saya baru 2 kali nonton pertunjukan wayang orang garapan Swargaloka, yaitu dengan judul 'Sumpah Abimanyu' dan 'Kidung Cinta Suryatmaja Surtikanthi', dan saya selalu dibuat terkesima dengan pertunjukan tersebut.

Pertunjukan yang diberikan oleh Swargaloka juga tidak begitu lama, sangat pas sekali buat anda-anda yang mau belajar tentang wayang dan mendapat makna dari cerita wayang tersebut, kurang lebih sekitar 2 jam. Komplit. Penyajiannya memang cukup modern, tapi khas wayangnya masih sangat bisa didapat karena suara gamelan dan penceritaannya pun masih sangat kental khas wayang, bedanya cuma dibahasa yang menggunakan bahasa Indonesia dan beberapa aspek lain yang  sebenarnya saya bingung untuk menjelaskan. hehe.



Dari info yang saya dapat, beberapa pemain Swargaloka berasal dari ISI Solo loh dan beberapa dari mereka pula bisa dibilang sudah sangat terkenal didunia perwayangan seperti bapak Ali Marsudi, Ibu Dewi Sulastri, dan bapak Agus Prasetyo. Wah, mereka bertiga adalah yang paling saya favoritkan dalam pertunjukan wayang disini.hehe. Entahlah, mereka selalu membuat saya terkesima sampai rasanya saya enggak mau pertunjukan ini berakhir. Tapi, bukan berarti pemain atau penari yang lain tidak membuat saya terkesima, saya malah sangat mengagumi mereka, tarian dan tokoh yang mereka mainkan selalu menjadi pelengkap yang sangat menyenangkan dan bermakna. Cara mereka semua menari saja sudah ada punya arti yang sulit di ungkapkan kata-kata, rasanya jadi menyesal dulu saya enggak belajar nari.hehee. Ya sudahlah, mungkin melihat mereka saja sudah cukup membuat saya terkagum-kagum dan enggak boleh menyesali masa lalu. *tsahhh.





Nah, seperti yang saya bilang diawal, wayang garapan Swargaloka ini bisa dijadikan alternatif yang baik untuk mencoba mengenal wayang orang. Selain menggunakan bahasa Indonesia, waktu yang pertunjukannya juga tepat, karena pementasannya biasa dimulai dari pukul 3 sore. Intinya, jangan terus-terusan berfikir kalau wayang itu membosankan. Dulu saya juga berfikir wayang itu membosankan kok walaupun udah pernah nonton berkali-kali ditelevisi dan langsung. Tapi sekarang? hehehe. Tau sendiri kan... Pokoknya coba dulu untuk kenal dan suka, setelah itu terserah anda. :)

With Bapak Ali Marsudi dan Ibu Dewi Sulastri

10 komentar:

  1. itu foto yg terakhir bukannya Ibu Dewi Sulastri

    BalasHapus
  2. Oh iya itu Ibu Dewi Sulastri bukan Lestari.. salah nulis namaaaa,,, thank you sudah diingatkan. hehee

    BalasHapus
  3. salam kenal :) waaaah senang sekali membaca tulisannya . .mudah2an teman2 muda yang lain juga masih mau menonton wayang ya :)

    BalasHapus
  4. oh iya..sekali kali mampir menyaksikan peregelaran Wayang Orang Bharata, mbak :) pentasnya setiap sabtu malam minggu di dekat setasiun Bis Senen :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga :) wahh.. Sudah pernah kok ntn wayang orang bharata senen, sama keluarga malah. Hehehee. Tggu juga tulisan saya ttg wyg orang bharata yaa. Hehehe..
      Klo blh tau, penyuka wayang juga ato jgn2 pmain wayang ya??

      Hapus
    2. waaaah saya tunggu ya tentang wayang orang bharatanya pasti bagus :)

      saya juga suka wayang... :) kalau mbak punya FB bisa add saya : pradnya paramita (profil picureku yang pakai kacamata rambut panjang)

      Hapus
  5. haloo makasih ya buat postingannya..
    kalo pementasan swargaloka selanjutnya kapan ya mbak??
    aku pengin nonton tapi gak tau jadwalnya
    terima kasihh
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di liat dari jadwal yang pernah dikasih sih sekitar bukan oktober..klo ga salah liat tanggal tgl 28

      Hapus
  6. Admin Swargaloka27 Maret 2013 17.19

    salam kenal..saya admin swargaloka..sungguh senang,terharu dan sangat berterimakasih sekali untuk tulisan yang telah mbak tulis... senang sekali membacanya... kalau ada waktu bisa nonton lagi mbak.. jadwalnya bisa lihat di
    facebook: swargaloka
    twitter : @swargalokers
    http://swargaloka1706.blogspot.com
    http://dramawayang.wordpress.com
    terimakasih sekali lagi mbak mau menulis tentang swargaloka... sampai jumpa lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, senang bgt bisa d baca sama admin swargaloka. Kalo waktunya memungkinkan saya pasti ntn lg. Terimakasih. Salam kenal jg:):)

      Hapus